Rabu, 17 April 2013

Tips mengatasi Brick pada Android

Setiap pengguna Android yang device-nya sudah mencicipi rasanya SuperUser alias Rooting, pastinya pernah minimal sekali mengalami yang namanya Bricked Device, atau bahasa sederhananya adalah Device tersebut tidak bisa menyala seperti biasanya.

Ada banyak faktor yang menyebabkan Bricked ini, semisal salah menghapus File yang berada didalam System, meng-Instal aplikasi yang tidak kompatibel, ataupun masalah-masalah yang berhubungan dengan System dari Device Android tersebut.


Karena proses Rooting dapat memberikan "Keleluasaan" bagi kita untuk masuk kedalam System dan melakukan hal apapun yang kita sukai, seperti mengedit atau menghapus File yang ada didalam System, maka inilah alasan mengapa Produsen Device Android seperti Samsung, HTC atau Sonny, dll tidak menerima Service untuk device yang sudah di Root.

Untuk pengguna Android yang baru, menghadapi masalah Brick ini saya rasa merupakanlah momen yang sangat mengerikan sekaligus menyeramkan, karena Device tersayangnya tidak bisa menyala seperti biasanya. Apakah ini akhir dari Device tersebut? Harus beli Device baru? Hmm...Belum tentu! Mari kita pelajari dulu masalahnya.

Pada dasarnya, Bricked Android ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu Softbrick dan Hardbrick. Keduanya memiliki penyebab dan tanda-tanda yang berbeda, jadi jika "Brick" terjadi dengan Device Android anda, akan sangat mudah untuk menganalisisnya.

Softbrick
Softbrick merupakan sebuah nama dari kondisi Device Android yang tidak bisa menyala. Biasanya ditandai dengan tidakbisanya Device melakukan booting dan hanya Stuck didalam Logo Samsung (Bagi Device Samsung) saja.

Biasanya terjadi karena kita selesai mengedit file yang ada didalam System dengan tidak benar, semisal Salah mengatur Permission atau meng-Instal aplikasi yang tidak kompatibel seperti Flip Font.

Cara mengatasinya cukup mudah, yaitu anda hanya harus masuk kedalam Recovery Mode, kemudian pilih "Factory Reset" untuk mengembalikan Device kedalam aturan pabrik.

Atau jikalau Factory Reset masih tidak bisa memberikan pengaruh apapun dan Device anda masih tetap tidak bisa melakukan Booting, ada baiknya anda melakukan Flashing Firmware ulang. File firmware yang sesuai dengan Device anda bisa dicari di Sammobile.com atau Samsung-Update.com.

Hardbrick
Hardbrick merupakan sebuah nama dari kondisi Device Android yang tidak bisa menyala. Berbeda dengan Softbrick yang masih bisa masuk kedalam Download Mode atau Recovery Mode, Hardbrick merupakan kondisi terparah dari sebuah Device.

Ditandai dengan tidak bisa menyalanya Device tersebut secara total. Apapun hal yang anda lakukan tidak akan pernah membuat Device tersebut hidup kembali. Singkat kata, Device tersebut memang sudah dipanggil yang maha kuasa

Biasanya terjadi karena kesalahan dalam melakukan Flashing. Meskipun saya juga agak bingung dengan apa yang orang-orang ini lakukan sampai salah dalam melakukan proses Flashing yang cukup sakral menurut saya http://1.bp.blogspot.com/-KVl8l8gPOY0/TlxkNhhrTgI/AAAAAAAAB40/VEA4CAiKNao/s1600/capedes.gif

Atau ada juga beberapa kasus seperti meng-instal sebuah aplikasi sederhana (seperti ROM Manager) pada Device tertentu akan menyebabkan Brick (pada device Galaxy Gio)

Kiamat? Sudah tidak ada yang bisa dilakukan lagi? Eh...Sebenarnya ada dua cara yang bisa anda tempuh untuk mengatasi masalah Hardbrick ini, yaitu membeli JTAG Box yang dijual bebas di eBay dengan harga yang dijual sekitar $20 atau menyerahkannya kepada Samsung untuk diperbaiki.

Yes. Just that simple advice from me for whom had a Bricked Android Device and want to know how to Fix they Problem


1. Jika anda ingin menanyakan sesuatu silahkan isikan di kotak komentar atau mention saya di twitter biar dibalas lebih cepat. Dengan syarat pertanyaannya yang jelas dan spesifik.
2. Kalau ada link download yang mati, laporin aja di kotak komentar atau mention juga ke twitter. Maklum file yang ada di Blog ini kebanyakan file Illegal.
3. Makasih udah mau berkunjung. Jangan lupa baca Info Box untuk mendapat berita terbaru tentang Blog ini B-)

1 komentar:

  1. hp saya galaxy ace 2,saya sudah ugrade ke jelly beam MC 8 sesuai tutorial agan tpi setelah saya meroot selalu softbrick bahkan sudah factory reset dan flasing berulang-ulang...mohon bantuannya gan?

    BalasHapus

Search

Anime Terbaru

Info Box

Pengen pake JellyBean di Ace 2-nya tapi gak mau ngerasa Lag atau Boros Batre? Silahkan gunakan CM10
Untuk prepare menghadapi 'Gencaran BBM' yang akan terjadi pada Android, silahkan download User Guide tentang cara menggunakan BBM for Android disini, gratis
Jika anda menyukai konten di Blog ini dan ingin sedikit membantu mengembangkannya, silahkan melakukan Donasi dengan melakukan Buffering sebuah Video yang Size-nya hanya 1 MB. Jika anda melakukan Donasi, maka konten di Blog ini akan semakin beragam. Terimakasih.

Diberdayakan oleh Blogger.