Senin, 01 April 2013

Cara Instal Android JellyBean (4.1.2) Official Pada SAMSUNG Galaxy Ace 2

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, bahwa Device SAMSUNG Galaxy Ace 2 akan mendapatkan Update OS Firmware Android 4.1.2 atau yang lebih dikenal dengan Android JellyBean.

Hal ini lebih diperkuat lagi dengan munculnya Firmware bocoran dengan codename MB 2 dan MB 4 yang merupakan tahap “Pengembangan” yang masih memiliki berbagaimacam Bugs, seperti Blank Screen ketika Lock Screen, Konsumsi RAM yang tidak optimal (Meskipun tidak digunakan, RAM yang terpakai hampir 400 MB dari 555 MB) yang membuat Device bekerja terlalu berat yang mengakibatkan Batre yang sangat boros.

Dari rumor yang berkembang, bahwa "Katanya" JellyBean Official akan di Release oleh SAMSUNG untuk Galaxy Ace 2 adalah sekitar bulan April untuk regional Russia, sementara Regional yang lainnya diharapkan untuk menunggu http://4.bp.blogspot.com/-9EL5AzHxvWo/TlxkNKVZilI/AAAAAAAAB4s/Tbv6AHK_O3Q/s1600/bolakbalik.gif

Namun, pada kenyataannya ternyata 31 April kemarin, ketika sama mampir-mampir manja di Samsung Update, ternyata JellyBean Official untuk Regional Portugal sudah tersedia untuk di Dowload dan digunakan. Keren kan

Ditambah lagi, katanya JellyBean Official ini Bugs Free, alias tanpa Bugs samasekali (Ini masih testimoni dari oranglain lho, ya. Soalnya baru 5 Menit yang tadi saya Flashing Firmware ini  ) dan juga lebih Smooth daripada MB 2 ataupun MB 4 yang banyak Lag-nya.

Dan, ekhm...Bahasa yang di Support oleh JellyBean versi Portugal ini sudah Support berbagaimacam bahasa dan bukan cuma Bahasa Portugal aja, termasuk Bahasa Indonesia! Hore. Akhirnya Indonesia cukup diakui ya oleh pihak Developer SAMSUNG yang mengembangkan JellyBean ini

Tapi ya...Meskipun Support berbagaimacam Bahasa, tapi tetep aja sih pas pertamakali Boot yang keluar bakalan Bahasa Portugal cuma ya tinggal diganti Bahasanya ke Bahasa Indonesia (atau Bahasa Inggris bahkan Bahasa Jepang, kalo ngerti) Problem Solved

Cuma masalahnya ada pada tatacara Flashing JellyBean Portugal yang memiliki Codename MC 8 ini. Kenapa? Karena ternyata jika kita mau mencicipi MC 8, maka kita terlebihdahulu harus memiliki Firmware MB 2 atau MB 4.

Kok gitu? Jawabannya Simpel: Kita butuh Pit File dari MB 2 atau MB 4 untuk meminimalisir Lag yang bakalan terjadi di MC 8 seperti: Value RAM yang error, masalah yang ini Parah banget karena ada User yang pernah Flashing Gingerbread langsung menuju JellyBean MC 8, hasilnya adalah Value RAM yang tertera pada Device-nya adaah 400 MB

Dan... Pada faktanya, saya juga mengalami Value RAM yang error, karena jika seharusnya RAM asli dari Galaxy Ace 2 adalah sekitar 555 MB, maka RAM yang sama miliki pada JellyBean MC 2 ini adalah sekitar 600 MB

Alasannya? Saya gak ngerti? Bukan. Saya terlalu Excited untuk "Mencicipi" JellyBean ini, sehingga padasaat Flashing MB 4 saya lupa memasukkan Pit File-nya, sehingga hasil yang saya terima adalah kurang-lebih seperti ini http://1.bp.blogspot.com/-KVl8l8gPOY0/TlxkNhhrTgI/AAAAAAAAB40/VEA4CAiKNao/s1600/capedes.gif

Tapi ya...Biarlah, toh saya bisa Flashing ulang kok 

Oke deh, daripada ngomel-ngomel karena saya banyak omong, lebihbaik baca saja Tutorial cara Instal Android JellyBean pada Galaxy Ace milik anda.

  1. Download dulu file Firmware-nya
    • Leaks 1
    • Leaks 2 - Sudah beta katanya. Bugs lebih sedikit daripada yang Leaks 1-nya
  2. Matikan Device kemudian masuk ke Download Mode ( Ketika Device sudah dalam keadaan Off tekan tombol Volume Down + Home + Power secara bersamaan) kemudian tekan tombol Volume Up ketika diminta persetujuan
  3. Buka ODIN yang sudah diberikan dalam satu paket dengan Firmware-nya (Jangan menggunakan ODIN versi lainnya, kalau tetep ngotot buat pake ODIN versi yang anda miliki, pplease jangan salahkan saya kalau ada masalah )
  4. Masukkan file
    http://1.bp.blogspot.com/-WK4pVmiEwUg/USXQB2PzKoI/AAAAAAAAA7I/7RMG4IgGf4U/s1600/Files.jpg
    Sehingga hasilnya adalah (Re-Partition, Auto Reboot dan F. Reset Time dicentang)
  5. Kemudian silahkan Connect Device anda dengan Laptop atau Komputer yang anda miliki sampai ODIN berhasin men-Detect Device milik anda. Setelah ter-detect oleh ODIN, silahkan klik tombol Start untuk melakukan Flashing.
  6. Flashing berhasil apabila anda mendapatkan pesan "PASS!" berwarna Hijau
  7. Namun jangan lepas Kabel data dari Komputer atau Laptop dulu. Pastikan seluruh instalasi yang terjadi di Smartphone anda yang terjadi di Recovery Mode sudah selesai
  8. Anda baru bisa melepas Kabel data dari Komputer atau Laptop ketika Smartphone anda sudah menunjukkan Window Setup
Setelah anda selesai Instal MB 2 atau MB 4, silahkan ikuti cara dibawah ini
  1. Download JellyBean Portugal
    Hotfile | Google Docs
  2. Lakukan Step yang sama seperti diatas (Tapi file yang digunakan ya JellyBean Portugal ya. Note: Kalau bingung file I8160XXMC8_I8160TMNMC3_HOME.tar.md5 ditaruh dimana, jawabannya: Taruh di kolom PDA)
Dan tara...JellyBean Official sudah bisa anda nikmati dengan santai dan tanpa masalah Bugs apapun. Selamat mencoba 

Screen Shoot
Note:
- Cara Root MC 8 sama seperti Root MB 2 atau MB 4
- MC 8 tidak mendukung Sound Equalizer


FAQ - Read it before Ask the same Question
Karena banyak yang nanya tentang pertanyaan yang sama, agak capek juga ngebalesin dengan jawaban yang itu-itu juga jadi saya rangkum aja yak disini. Hopefully can reduce 'misunderstanding' between us
  • Gimana cara Install JellyBean di Ace 2?
    Bisa di Lihat di sini >>> Leaks Ver & Official Ver <<<
  • Apa perbedaan Leaks Ver dan Official Ver?
    Leaks Ver adalah versi "Bocoran" dari Firmware JellyBean untuk Ace 2, istilahnya adalah "Prototype" dan masih dalam tahap beta, yang memiliki banyak sekali Bugs.

    Official Ver adalah versi Resmi yang dikeluarkan oleh SAMSUNG, dan sudah mendapatkan "Perbaikan" dari versi Leaks-nya. Bugs lebih sedikit.
  • Kalau mau coba JellyBean Indonesia, UK, atau Portugal gimana?
    Install dulu Firmware MB2 atau MB4 yang merupakan "Gerbang Masuk" untuk mencoba Firmware JellyBean, setelahnya silahkan Install JellyBean sesukanya.
    http://files2.animeupdate.net/wp-content/uploads/ver.jpg
    Kira-kira seperti itulah diagram cara Install JellyBean pada Ace 2.
  • Jika ingin menggunakan Custom ROM bagaimana caranya?
    Bisa dibaca disini >>> Cara Install Custom ROM Android <<<
  • Odin yang digunakan yang mana?
    Bebas. Odin manapun dapat digunakan untuk melakukan Flashing. Disarankan Odin terbaru.
  • Cara Downgrade?
    Install Gingerbread Russia. Caranya sama seperti Install JellyBean
  • Cara Rooting dan Unrooting?
    - Rooting: Install CMW Recovery kemudian Install file Root-nya
    - Unrooting: Masih belum nemu caranya. Tapi JellyBean buat apa sih di Unroot? Toh gak bakalan nambah Binary Counter kok. Selain itu, masih sedikit SSC yang nerima Update ke JellyBean. So pasti akan 'dicurigai' ketika Device Ace 2-nya udah JB meskipun belum di Root
  • Cara dapetin Firmware yang terbaru dimana?
    Bisa coba sering-sering berkunjung ke http://www.sammobile.com/firmwares/
  • Ace 2 dapet Key Lime Pie?
    Nggak
 Yes... I think this is enough to answer every question yang masuk. Dikit kan? Iya emang dikit sih, cuma ya pertanyaannya ya disekitar situ aja Kalo masih ada pertanyaan, jangan ragu buat tanya-tanya via email di azuha@animeupdate.net bakal gua bantu sebisanya, kok. Btw jangan nanya di Komen yak, respon-nya lambat

Additional File (Buat yang butuh)
  • PIT Gingerbread Russia (I8160XXLK6) via MirrorCreator
  • PIT JellyBean MB2 (I8160XXMB2) via MirrorCreator <<< Salah Penamaan. Harusnya I8160XXMB2 bukan I8160XXLK6
  • PIT JellyBean MB4 (I8160XXMB4) via MirrorCreator  <<< Salah Penamaan. Harusnya I8160XXMB2 bukan I8160XXLK6
  • Odin 3 versi 1.85 via MirrorCreator
  • Odin 3 versi 1.86 via MirrorCreator


1. Jika anda ingin menanyakan sesuatu silahkan isikan di kotak komentar atau mention saya di twitter biar dibalas lebih cepat. Dengan syarat pertanyaannya yang jelas dan spesifik.
2. Kalau ada link download yang mati, laporin aja di kotak komentar atau mention juga ke twitter. Maklum file yang ada di Blog ini kebanyakan file Illegal.
3. Makasih udah mau berkunjung. Jangan lupa baca Info Box untuk mendapat berita terbaru tentang Blog ini B-)

126 komentar:

  1. Gan, boleh minta link buat download odin punya agan ndal?
    Soalnya saya udh telanjur download mb4 yg di forum *da, masa harus ulang download lagi buat dpetin odinnya aja.
    Punya saya odin v1.85.
    Thanks

    BalasHapus
  2. Kalau "re-partition" nggak dicentang boleh nggak? Atau ada cara supaya setelah instal Jelly Bean file yang diinstal nggak hilang?

    BalasHapus
  3. gan mau tanya untuk install jelly bean portugal (I8160XXMC8_I8160TMNMC3_HOME.tar.md5) apa PIT sama CSC nya dari MB4 di isi kan lagi

    BalasHapus
  4. @Didik Harianto: Odin punya saya versi 1.86. Kalo hilang bisa download di http://files.indowebster.com/odin_3_v1_8_6.html

    @niki s: Saya belum coba sih. Tapi lebih baik centang aja Re-partition-nya. Gak masalah hilang data asal udah di Backup, daripada HH kita Brick :)

    @Basuki Rohman: Nggak usah sih. Pit cukup dipake pas Flashing MB 4 aja. Kalau MC 8 gak usah pake Pit juga gak papa :)

    BalasHapus
  5. om Azhar mau nanya nih, kmaren kan saya udah download tuh file jb portugal lewat ace 2.
    tpi knp ya pas mau di extract katanya file korrupt, pdahal saya liat size filenya sama persis.
    saya download di xda.

    BalasHapus
  6. wah bener mas.., saya udah coba upgrade langsung dan alhasil RAM jadi 400MB doank. makasih banyak mas infonya. saya lagi coba flashing ulang nih

    BalasHapus
  7. Itu batre ada persenannya pake apa?

    BalasHapus
  8. ada ngg" video tutorialnya ???

    BalasHapus
  9. @didik harianto: Batre persennya ada di Setting Tampilan kok. Kemungkinan besar padasaat Download file, ada beberapa kesalahan sehingga File-nya corrupt. Cara satu-satunya buat dapetin file yang bener ya Download ulang :')

    @Tisa Fitri: Abis flash langsung dari GB yak? Flash ulang lagi aja :))

    @Zainudin Igirisa: Nanti saya buat deh kalo ada waktu, sekarang masih sibuk ngurusin Remedial di sekolahan :p

    BalasHapus
  10. maaf saya udah instal ace 2 saya ke jb tapi aplikasi portugal ini bisa di hapus?

    BalasHapus
  11. kalo dari GB upgrade ke MB4 trus ke MC8 bisa gak mas..?? atau harus upgrade yg MB2 ny jga..

    BalasHapus
  12. jelly bean mc8 nya...sukses...
    thanks buat infox..
    benern free bug,tp msih pke 2 hari...

    BalasHapus
  13. gan aku kan udah download ( I8160XXMC8_I8160TMNMC3_HOME.tar.md5) tapi koq saya tidak mendapatkan odin.. terus saya tidak mendapatkan file untuk Pit sama Csc

    BalasHapus
  14. @Azhar

    Tetap ada bug-nya, saya ikuti tutorial yang di http://androidromupdate.com/2013/04/01/upgrade-samsung-galaxy-ace-2-gt-i8160-official-android-4-1-2-jelly-bean-update/, di mana Odin yang dipakai, terdeteksi .com berwarna biru, itu juga nggak dicentang re-partition-nya. Awalnya normal, cepat, setelah beberapa hari ini, jadi lag.

    BalasHapus
  15. @Zainudin Igirisa: Bisa kok :)

    @Falka hilza: MB2 atau MB4 cuma "Gerbang" buat Instal MC8, jadi kalau Instal MC8 lewat MB4, berarti gak usah Instal MB 2


    @pc.chrezz: Silahkan download. Sudah saya sertakan file-file yang tidak didapatkan :)

    @niki s: Pasti ada aja sih kalo Bugs, cuma MC8 ini lebih dikit daripada MB2 atau MB4

    BalasHapus
  16. @pc.chrezz: Edit :v itu file yang di Download MC8 ya? Kalo iya, MC8 emang gak ngasih Pit, Csc sama Odin. Kalo mau dapetin ketiga file itu ya download MB4 dulu :)

    BalasHapus
  17. @Azhar: Saya sudah instal mb4, tapi kemudian instal saya mau yg MC8 kok prosesnya loading ya?...
    Mohon bantuannya, tetang proses instal dari mb4 ke MC8.

    BalasHapus
  18. Gan jadi pas instal MC8 file Pit ga perlu lagi krn udah instal MB4? Tapi kalo File Csc harus didimasukin lagi ketika instal MC8? File Cscnya pake yang dari MB4 kan ketika instal Mc8?

    BalasHapus
  19. udah saya download mb4nya.. tapi masih ada yg bingungin?!?!?
    apa aja file yg saya harus masukan pas root mc8.. thx*

    BalasHapus
  20. @Andy Ozill: Lah emang instal setiap Firmware ada loading-nya kali. Kalo durasi lama ya disabarin aja, cuma 5 - 6 Menit kok.

    @Guruh Muluk Angkasa: Iya. Pas Instal MC8 gak usah masukin Pit atau Csc. Cukup file "I8160XXMC8_I8160TMNMC3_HOME.tar.md5"-nya aja di Flash di kolom PDA

    @pc.chrezz: Buat Root JB MC8, download dulu CMW-nya di http://d-h.st/oZD kemudian Instal via Recovery Mode, nantinya Recovery Mode Official Samsung-nya berubah jadi CMW. Nah dari CMW itu Instal file SuperUser-nya d-h.st/ook

    BalasHapus
  21. gan aku ada saran kalo mau update yang MC8 pake odin3 v.07.
    Sebab disitu tdk perlu pit dan csc

    BalasHapus
  22. owh gitu ya.. terus pas instal mc8 file yg harus di masukin cuman I8160XXMC8_I8160TMNMC3_HOME.tar.md5 doank ya gan.
    saya udah download mb4 ama mc8 tapi.. yg saya sudah instal cuman mb4 doank!! kalo instal mc8 nya masih bingung!?!?

    BalasHapus
  23. @pc.chrezz: Sesudah Instal MB4, Instal MC8-nya

    BalasHapus
  24. Thks gan jawabannya. Tapi mao tanya lagi hehehe... ane instal MB4 RAMnya jadi 600 MB lebih. Itu kalo di instal MC8 apa jadi normal lagi?

    BalasHapus
  25. nah pas instal mc8nya.. file apa aja yg saya masukin...!? sekarang SG ace 2 saya udah jb tapi suka lag ama gak ada bhs indonya gan.. mungkin gara2 belum instal mc8 kali yah..

    BalasHapus
  26. @Guruh Muluk Angkasa: RAM 624 di JB normal kok :)
    @pc.chrezz: Di file MC8-kan cuma ada 1 file bro, ya file itu yang di Flash

    BalasHapus
  27. Ohhhh... tapi cepet panas ama kuras batre yah kalo gitu. Oh yah ane kan download JB portugal lewat wifi di Ace 2 ane yang dari google docs eh malah pas proses instalnya Failed, itu kenapa yah? apa karna kalo di google docs size file 522 MB sedangkan yg di Hotfile 522.5 MB, ngaruh ga sih?

    BalasHapus
  28. @Guruh Muluk Angkasa: Mungkin itu file yg di Download-nya corrupt atau proses download-nya pernah di Resume. Cara terakhirnya cuma download ulang. Nyoba JellyBean itu mahal :p

    BalasHapus
  29. itu sudah berbahasa indonesia ?

    BalasHapus
  30. Sejak beberapa hari lalu sudah saya downgrade ke Gingerbread I8160XXLK6 (SER), mau pakai yang XSE (Indonesia), maksudnya kembali ke versi Indonesia nggak bisa lagi ya?

    BalasHapus
  31. @Ujang Sarif: Iya udah ada Bahasa Indonesianya
    @niki s: Bisa kok. Firmware Indonesianya cari aja di http://www.sammobile.com/firmwares/

    BalasHapus
  32. @Azhar

    Sudah 3 firmware Indonesia (XSE)yang aku donwload di www.samung-updates.com (I8160DXLK2, I8160DXLH2 dan I8160DXLH2), cuma ada file tar.md5 aja, nggak ada file CSC, dan PIT-nya.

    BalasHapus
  33. @niki s: Emang Firmware Indonesia itu gak ada file CSC atau Pit-nya

    BalasHapus
  34. gan, ane udah pasang jelly bean official. ane pengen root. bisa kasih tutorialnya nggak? thanks

    BalasHapus
  35. @Azhar

    Saat ini 'kan aku pake firmware Gingerbread Rusia (aku instal dari link yang kamu kasih), kalau aku mau pake firmware Indonesia, tapi kondisinya seperti kita update official Portugal Jelly Bean (di mana .com por warna kuning di Odin, re-partition dicentang, hasilnya seperti flash, dimana semu apliksi yg diinstal akan hilang), di mana ada file CSC, PIT, itu gimana?

    Kalau aku pake Odin 3.7, (file terpisah, bukan dari .rar bawaan firmware leak Jelly Bean yang ada di blog ini), .com-nya akan berwarna biru, re-partition secara default nggak dicentang. Seperti di http://androidlegend.com/official-android-4-1-2-xxmb2-jelly-bean-firmware-for-galaxy-ace-2-i8160/, kalaupun berhasil jadi firmware Indonesia, file bawaan dari Rusia nggak hilang?

    BalasHapus
  36. @v s r: Silahkan baca baik-baik didalam bagian "Note" disitu sudah saya berikan catatan bahwa cara Root MC8 sama seperti Root MB2 atau MB4. Silahkan baca di azfa48.blogspot.com/2013/02/cara-instal-android-jellybean-412-versi.html

    @niki s: Logikanya aja gini: File Pit itu cuma dibutuhkan sebagai "Gerbang Masuk" atau "Kunci" untuk meng-Instal sebuah Firmware. Semisal kita ingin menggunakan MC8, maka kita harus terlebihdahulu meng-Instal MB 2 atau MB4 sebagai kuncinya, karena memang cuma MB2 atau MB4 yang memiliki Pit file.

    Jika kita sudah berhasil meng-Instal MB2 atau MB4, maka kita bisa meng-Instal MC8 tanpa harus menggunakan Pit file lagi.

    Begitu juga dengan Gingerbread Russia. Yang kita butuhkan disini hanyalah Pit File-nya saja. Jadi setelah kita Instal Gingerbread Russia, maka kita bisa meng-Instal Firmware Gingerbread apapun tanpa harus menggunakan Pit File lagi.

    Kalau bingung kenapa harus menggunakan Pit File, jawabannya adalah: Untuk menyeimbangkan RAM yang ada didalam Ace 2 kita. Coba aja kalau langsung Instal MC8 tanpa Instal MB2 atau MB4, lihat ram-nya, pasti di sekitaran 400 MB - 500 MB.

    Beda dengan jikalau kita terlebihdahulu meng-Instal MB2 atau MB4 baru kemudian meng-Instal MC8, RAM-nya pasti berada di sekitaran 624 MB.

    Untuk masalah di sebuah file Firmware gak ada Pit sama CSC, itu bukan salah saya. Itu udah ada darisananya.

    Satu lagi, Re-Partition bisa ke centang cuma kalau ada Pit File-nya. Kalau gak ada Pit file, Re-Partition gak bakal ke centang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Azhar@ yg leaks no.2 kq gk ada odinnya gmn??

      Hapus
  37. Udah berhasil flash ulang ke Gingerbread Indonesia. Pake Odin 1.85 (dari file firmware MB2 di blog kamu). Thanks.

    :-)

    BalasHapus
  38. gan kalau di baut mutar video kok macet kenapa ya..

    BalasHapus
  39. @smansa Soko
    Kualitas video-nya berapa gan? Kalo 720p ke atas emang suka begitu

    BalasHapus
  40. @Bonadi Bondet

    Lah... Masa? Yaudah tinggal download aja di http://files.indowebster.com/odin_3_v1_8_6.html

    BalasHapus
  41. bang azfa di sammobile kan sudah ada untuk upgrade SGA 2 ke jelly bean versi firmware china, kira-kira sama gak cara install nya dengan yang versi portugal soalnya aku coba di SGA 2 aku gagal trus.
    aku pake yang versi portugal sering lag dan jadi berat di SGA 2 nya meskipun ram yang terpakai pada sistem cuma 320 sampai 400 MB.

    BalasHapus
  42. please help...
    kenapa ya??? udah upgrade ke JB trus downgrade lagi ke GB kog AC2 ku sulit konek ma jaringan GSM..??

    BalasHapus
  43. sangat membantu dan jelas terimakasih banyak

    BalasHapus
  44. sudah bisa buwat ng zoom apa belum ?

    BalasHapus
  45. gan cara flash ulang gingerbread gimana

    BalasHapus
  46. Trims.... atas infonya, saya udah mencobanya n Sukses ke Jellly Beand 4.1.2 tapi yang menjadi pertanyaan saya apa bisa ya saat flash Kolom PIT dan CSC Pakai MB4 dan PDA : I8160XXMC8, Mohon Pencerahanya. Trims

    BalasHapus
  47. gan ...
    saya sudah update ke official 4.1.2 jelly bean portugal tp koq msih bnyak bug nya ya ..?
    kata nya dh official koq masih bug..
    kapan yang resmi nya keluar end free bug??2

    BalasHapus
  48. gan bisa upload odin v3 1.8.6 nya ga ?
    ane ada masalah di cpu yg kedetect cuman sebelah

    BalasHapus
  49. gan pit file nya dapat di download di almat mana

    BalasHapus
  50. gan hh ane dah d upgrade k mc4 cman karna udah d root n gg sngaja aplikasi sms bawaanya k hapus... trus pas ane cek statusnya hh ane udah gak official laghy n tulisannya custom.. apa gak masalah gan lw ane mau lanjut k mc8???

    BalasHapus
  51. gan HH ane dh Mc4 tp d phone status tulisannya custom .. mngkin krna ane gak sengaja hapus aplikasi sms bawaan ane... apa gak masalah gan????

    BalasHapus
  52. gan, leaks 2 nya ga bisa di download !! thanks

    BalasHapus
  53. nice share, saran ane bagi yg banyak nanya lebih baik baca koment2 sebelumnya disini, karna pertanyaan yg sama bnyak d lantunkan d sini,
    keep move up gan..

    BalasHapus
  54. sangat membantu sekali,,terimakasih banyak,bermanfaat

    BalasHapus
  55. kalau instal firmware jelly bean ini apa aplikasi yang saya instal di HH saya akan hilang

    BalasHapus
  56. gan mau tanya ni device saya kok gak tebaca di odin nya ya

    BalasHapus
  57. GAN ANE KOK ga ada bahasa indonesia nya ne?? knp

    BalasHapus
  58. gan knp kok ane ga ada bhasa indo nya??

    BalasHapus
  59. tengkyu gan... ane pake odin v1.8.5 lulus sensor gan...

    BalasHapus
  60. gan, minta link untuk odinnya donk, alnya link odin yang lama t corrupt ???

    BalasHapus
  61. gan< minta link odin yang baru donk< alnya odin yang lam t link nya dh corrupt ???
    thanks

    BalasHapus
  62. gan mau tanya, ane udah upgrade ace2 ke jb yg portugal, udah 2 kali di flash, kok masih tetep ngelag ya? kobsumsi ramnya (idle, running background apps, fb, wa, tw,email wifi + data package) selalu diangka 430-570 mb.

    kalo mau downgrade ke firmware awalnya gb 2.3.6 bisa dan gmn caranya?

    thanks

    BalasHapus
  63. bagaimana cara melihat MC2 Mc4 Mc8? saya sudah lama pakai JB versi Ukrania dan masih terasa sering bugs dan saya mau coba versi Firmware Portugal,

    BalasHapus
  64. ini yg leaknya harus ke2nya di donlot gan?

    BalasHapus
  65. gan, ni leaknya harus keduanya di donlot?

    BalasHapus
  66. gan....ni yg harus di donlot....leak 1 apa yg 2?

    BalasHapus
  67. Maaf...saya mau share...saya udah coba tutorial install jellybean nya...berhasil namun ada kendala...kadang - kadang macet__ sehingga harus copot batrey atau hard reset...mohon solusinya kenapa terjadi seperti ini...?

    BalasHapus
  68. bro itu cara screen capture di JB MC8 nya gimana?

    BalasHapus
  69. mas,kl flash ulang gmn caranya?saya langsung dr gb ke jb tanpa melalui Mc2 ato Mc4 alhasil ram cm 482.
    flash ulangnya apa hrs ke gb dulu ato lngsng Mc4 trus ke Jb?mohon bantuannya

    BalasHapus
  70. gimana cara root ace 2 komandan..udah sukses odinnya tp pas mau update from sdcard malah failed,,,

    BalasHapus
  71. thank brmanfaat bro..
    tp klo yg tnggal jellybn trahir yg diisinya cman PDA aja ya ?

    BalasHapus
  72. kalo firmware offical jellybean tapi yang cina gimana gan ? ap ad yang sudah pernah coba ?

    BalasHapus
  73. gan ane sudah instal mb4 n sudah install aplikasi apakah langsung bisa instal mc8??

    BalasHapus
  74. gan, mw nanya. gmna caranya masuk ke Download Mode ??
    sory, msih awam ne,..,

    BalasHapus
  75. gan,
    cara lihat status RAM gimana?
    kok aku cari nggk ada..,

    harap dijawab..,

    BalasHapus
  76. gan..,
    kasih link cara buat root gan..,
    ane root kok failed terus....,
    caranya gimana gan?
    mohon dibantu dan dijawab...,

    BalasHapus
  77. Yah, saya terlanjur install yang MC8 memang RAMnya jadi 400an MB..
    Bagaimana supaya RAMnya jd 600an MB atau normal...??
    Mohon bantuannya

    BalasHapus
  78. HH ANE PAS MAU UPGRAD DARI MB4 ke mc8 kok keybordnya jd ilang;;;

    BalasHapus
  79. Gagal . . . Hp ngak bisa di oprasiin, suruh sambung pake kies . . .

    BalasHapus
  80. download firmwarenya dimana gan?

    BalasHapus
  81. download file firmware jelly bean 4.1.2 dimana gan ?? tolong kasih link nya

    BalasHapus
  82. @azhar : gan pertama sekali untuk flashing MB4 kan menggunakan odin3 v1.86 dan untuk flashing MC8 menggunakan odin3 v1.85 kok beda gan ? aku masih punya odin3 v1.86, jadi kalo download odin3 v1.85 dimana gan ? tolong kasih linknya

    BalasHapus
  83. klau kta ingin kembali lgi ke android sbelumnya atau android 2.3 bisa gx gan..
    klau di reset bsa kembali sperti semula gx gan..

    BalasHapus
  84. mantap gan work . keren jely bane nya

    BalasHapus
  85. kok saya download firmwarenya ga ada Odin 1.86

    BalasHapus
  86. gan mau tanya nih..
    klo upgrade JB make cara ini garansi'a rusak kagax?

    mohon pencerahan :)

    BalasHapus
  87. Gan ko dalam zip csc cuma ada cache dan hidden doang? engga ada csc_oxa terus di code juga engga ada code code_i8160. tapi pitnya ada. Mohon bantuannya yah gan makasih.

    BalasHapus
  88. Gan ane uda pakek JB n mau kembali ke GB dowgragex apa langsung ke GB apa masih flashing ke MB 4 atau MB 2 dulu...?
    N dowloand Frimware GB nya dmn..?
    Thanks n Mohon jawaban nya Gan

    BalasHapus
  89. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  90. Gan kalau mau downgrage dari JB ke GB apa masih perlu masukan Pit n Csc Di kolom pada Odin...???
    saya dowload frimware yang di atas buat downgrage kok nggak ada Pit n Csc nya Gan.
    Tolong jawabanya Gan

    BalasHapus
  91. kalau browser bawaan sistemnya ke freeze gimana? soalnya browser di Hhs says ke freeze. Kalau gak visa gimana cara nge defrostnya? (Hhs says masih GB)

    BalasHapus
  92. gan knp waktu dinomer 8 hp aq jdi ada tulisanya samsung galaxy y?,padhl hp aq kan samsung galaxy ace2??,knp? memang sih blum selesai proosesnya soalnya lgi nunggu download jellybean portugal,tp knp ada tulisanya samsung galaxy y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh... Gak tau tuh, baru pernah dapet kasus yang kek gini :O

      Hapus
  93. gan ane liat di sammobile.com udah ada firmware yg indonesia tapi cara makenya gimana ya? bales ya thanks :)

    BalasHapus
  94. Asal gak ada file PIT dan CSC, caranya sama kok dengan yang ada di sini :)

    BalasHapus
  95. Gan punya ane udah upgrade jelly bean tapi sinyal kok hilang terus? Thanks:)

    BalasHapus
  96. mas, saya dah ikutin cara diatas dan sudah berhasil, tapi ada kendala, gak ada keyboard qwerty nya hanya ada voice keyboard. nah loh, saya gak bisa sms dah tuh.
    yang mau ditanyakan, ace 2 saya keluaran jerman, apa berpengaruh sama instalallannya?
    mohon pencerahan ya mas :)
    thanks

    BalasHapus
  97. Gan, setelah upgrade cara bikin ScreenShoot nya gimana? harus mencet tombol apa?

    BalasHapus
  98. gan aku udah sukses upgrade ke JB tapi kok RAM nya turun jadi 482 ya? :(

    BalasHapus
  99. Gan.. kok yg mc8 gk bisa dimsukin ke kolom PDA ya.. bantu dong..

    BalasHapus
  100. klo ngeinstal data, d memori internal kehapus gk?

    BalasHapus
  101. MANTAB TUTORIALNYA...thanks gan...update terus tentang ace 2 ya gan...

    BalasHapus
  102. saya mau nanya.....bagaimana cara menguninstall cm 10 unofficall pada samsung galaxy ace 2...terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Install Custom rom yg lain, atau reflash ulang

      Hapus
    2. gan kalau sudah selesai install firmware mb4 dan mc8 berarty udah selesai kan, ga ada lgi yg di install
      trus kalo mau liat status RAM nya dmana gan, thanks

      Hapus
  103. mas azura
    mksud ke download mode mksudnya di komputer tah atau di hp nya?

    BalasHapus
  104. mode download maksudnya gimana ?

    BalasHapus
  105. saat mau di download yang versi portugal batre habis dan di minta sambungin ke kies.. ini gimana ya mas caranya biar bisa di upgrade ersi portugalnya? help please

    BalasHapus
  106. gan, kok odinnya ga mau detect hp ane ya? kabel USB yg ane pake klo ga download mode bisa di detect oleh PC nya, tp klo download mode ga di detect odin. ane ada pake 2 kabel USB, kabel BB Onyx sama Kabel Samsung S4. kabel ori nya udah ilang ga tau kemana, ada solusi ga buat masalah ane? trims

    BalasHapus
  107. aduh kok ribet yah taku mau nyoba kalo kenapa-kenapa. yg pasti pingin nyoba sih :)

    BalasHapus
  108. Gan mau tanya kalo SAMSUNG GALAXY Y GT-S5360 bisa engga??

    BalasHapus
  109. bang kita harus download 2 file yang 500mb an itu?
    emg bedanya apa kalau cuma 1 downloadnya?

    BalasHapus
  110. gan itu apa kita harus download dua2nya file yang 500mb an itu?
    emang kalau gk di diwnload dua-duanya kenapa?
    apa ada bedanya?

    BalasHapus
  111. OFFICIAL FIRMWARE ACE 2:
    live.samsung-updates.com/index.php?device=GT-I8160

    BalasHapus
  112. gan update gb ke jb dampak positif negatif ny apa...????

    BalasHapus
  113. gan ini bisa dipake untuk Galaxy ace duos gk ?

    BalasHapus
  114. Gan itu RAM nya emang 624MB ya kalau di Jelly Bean??
    di GingerBread kan 555MB
    thx sebelumnya...

    BalasHapus
  115. gan.. JB udah di install tapi kok pas boot ada "unfortunately samsung setup wizard has stopped" ini gimana mbenahinnya..
    pliss d jawab..

    BalasHapus
  116. kta nya klw ac2 pake jelly bean eror ya ng

    BalasHapus
  117. thank bos sangat membantu untuk saya
    smua penjelasany jg okem....he

    BalasHapus

Search

Anime Terbaru

Info Box

Pengen pake JellyBean di Ace 2-nya tapi gak mau ngerasa Lag atau Boros Batre? Silahkan gunakan CM10
Untuk prepare menghadapi 'Gencaran BBM' yang akan terjadi pada Android, silahkan download User Guide tentang cara menggunakan BBM for Android disini, gratis
Jika anda menyukai konten di Blog ini dan ingin sedikit membantu mengembangkannya, silahkan melakukan Donasi dengan melakukan Buffering sebuah Video yang Size-nya hanya 1 MB. Jika anda melakukan Donasi, maka konten di Blog ini akan semakin beragam. Terimakasih.

Diberdayakan oleh Blogger.