Jumat, 01 Maret 2013

Cara menggunakan twitter Custom API Key Pada Aplikasi Tweetings

Siapa yang nggak tau dengat twitter di tahun 2013 ini? Yap, situs social media yang sedang naik daun ini dipakai hampir setiap orang, sehingga...hampir tidak mungkin seseorang tidak tahu tentang yang dinamakan dengan twitter setidaknya meskipun seseorang tidak memiliki akunnya, pastilah sudah pernah mendengar tentang situs social media yang satu ini.

Banyak interaksi yang bisa dilakukan didalam twitter, seperti Update Status (tweetings), Menyebutkan seorang pengguna (Mention) atau menjawab sebuah tweet (Reply), Berkirim Pesan (Direct Message) hingga Upload Gambar dan Video. Sebenarnya nggak jauh beda dengan Facebook ya.

Namun yang membedakan twitter dan facebook adalah: Didalam Facebook, kita dipaksa untuk melihat kiriman dari seseorang yang sudah menjadi "Teman" kita, sehingga jikalau kita mempunyai "Teman" yang annoying dengan statusnya yang alay atau nggak jelas, ya...kita dipaksa untuk menikmatinya setiap hari dan jikalau orang tersebut bukanlah "Teman" kita, maka kita pun tidak bisa berinteraksi dengan orang tersebut

Yang membuat twitter berbeda adalah: Kita bisa memilih mana-mana saja orang yang tampil didalam twitter kita, jadi di twitter tidak pernah ada yang namanya pemaksaan untuk konten yang kita Load, selain itu kita juga bisa berinteraksi dengan semua akun yang ada didalam twitter tanpa harus Mem-Follow-nya terlebihdahulu.

Kita bisa mengakses twitter melalui situs resminya, yaitu twitter.com dan melakukan aktifitas yang sudah saya sebutkan diatas, namun ada sebuah "alat bantu" lainnya yang juga bisa kita gunakan untuk mempermudah menggunakan twitter khususnya jika menggunakan Smartphone.

Yap, nama dari "alat bantu" tersebut adalah twitter client yang statusnya adalah 3rd Parties atau Aplikasi pihak ke tiga yang dibuat oleh oranglain diluar pihak twitter itu sendiri menggunakan fasilitas twitter API, sehingga kita tidak perlu mengakses twitter.com untuk melakukan aktifikas didalam twitter.

Dan twitter client ini juga memiliki 2 versi, yaitu Versi Desktop atau yang lebih sering digunakan menggunakan Komputer atau Laptop tanpa harus meng-Install aplikasi apapun, seperti twitter.com ataupun Opensource Dabr.

Untuk contoh twitter client yang sering kita lihat untuk twitter client 3rd Parties versi Mobile diantaranya adalah: TweetCaster, UberSocial, Hootsuite, TweetDeck, Tweetbot, dan lain sebagainya yang memerlukan instalasi sebelum dipakai didalam Device kita.

Nama-nama Twitter client ini akan muncul di bawah atau di samping setelah update status kita atau yang dikenal dengan tweet source. Kelemahan dari twitter client saat ini adalah bisa multilogin, bahaya jika kita menggunakan komputer publik dan kita lupa me-logout-nya. Kita tidak bisa me-logout-nya dari komputer lain. Harus komputer tersebut, kecuali kita sudah meng-clear cookies/history kita di browser.

Ada banyak sekali developer yang menyediakan twitter client ini, karena memang pada dasarnya sangat menguntungkan. Kenapa? Karena twitter client ini bisa dijadikan lahan untuk mencari penghasilan. Contohnya: Onelouder Apps yang menjual TweetCaster Pro dan Slice Pro atau Tapbots yang menjual Tweetbot.

Kita sebagai pengguna hanya bisa memilah mana twitter client yang sesuai dengan keinginan kita baru kemudian menggunakannya dan akhirnya bisa mendapatkan tweet source sesuai dengan twitter client yang kita gunakan.

Namun, tunggu dulu! Apakah anda pernah berfikir untuk menggunakan tweet source milik anda sendiri? Semisal jikalau anda membuat tweet, maka tweet Source-nya adalah nama anda sendiri? Atau nama instansi, lembaga atau bahkan komunitas anda? Jika ya...Maka bersyukurlah karena disini saya ingin membuat sedikit tutorial sederhana untuk menjadikan mimpi tersebut sebagai sebuah kenyataan yang bisa diaplikasikan.

Dan okelah, saya akan memberikan anda tutorial membuat twitter client sendiri menggunakan sedikit bantuan yang membutuhkan "Sedikit" syarat untuk dapat diwujudkan. Yaitu...

  • Harus memiliki Domain
  • Harus memiliki Webhost
  • Harus mengerti instalasi Dabr didalam Webhosting
Syarat-syarat diatas bisa diakali dengan cara yang mudah dan tanpa biaya, yaitu: Daftar Domain dengan Top Level Domain dot.tk dan Webhosting gratis Indonesia dari IDHostinger. Silahkan gunakan kedua persyaratan itu untuk melanjutkan tutorial ini menuju tingkat selanjutnya (Njie gitu bahasa gua )

Atau jika anda tidak ingin kesulitan dengan persyaratan diatas, silahkan membuat twitter client menggunakan jasa yang diberikan oleh Status Via. Feel free to choice, you have a lot better offering from me here

Dan jika anda sudah memiliki Domain + Webhosting atau menggunakan Service dari Status Via, silahkan membaca lebih jauh Tutorial yang sederhana ini dan diperpanjang dengan Intermezo milik saya, sorry for that.

Oke, kita mulai saja tutorial ini dengan membaca doa

Tutorial mendaftarkan twitter client di Twitter
  1. Masuk kedalam situs dev.twitter.com/apps
  2. Klik tombol "Create a new application"
    Isikan kolom-kolom tersebut dengan data-data yang dibutuhkan sesuai dengan keinginan anda. Harap diperhatikan: Kosongkan kolom Callback URL hingga tutorial selanjutnya.
  3. Silahkan edit akeses twitter client anda dengan masuk kedalam Tab Setting kemudian Check pada teks "Read, Write and Access direct messages"
Tutorial Instalasi twitter client menggunakan Dabr
  1. Akses CPanel anda kemudian masuk ke File Manager
  2. Upload file Dabr kedalam Hosting-an anda. Kemudian silahkan ekstrak file dabr tersebut didalam Hostingan anda
  3. Rename file config-sample.php menjadi config.php
  4. Registrasikan twitter client anda di Twitter
  5. Selanjutnya anda akan mendapatkan yang dinamakan Customer Key dan Customer Secret, nah inilah yang akan kita gunakan untuk menampilkan "tweet source" milik kita
  6. Kembali kedalam hosting, kemudian edit sebuah Line didalam file config.php
    // Cookie encryption key. Max 52 characters
    define('ENCRYPTION_KEY', 'Example Key - Change Me!');

    // OAuth consumer and secret keys. Available from http://twitter.com/oauth_clients
    define('OAUTH_CONSUMER_KEY', 'masukkan Consumer Key di Sini');
    define('OAUTH_CONSUMER_SECRET', 'masukkan Consumer Secret di Sini');
  7. Yak selamat Dabr anda sudah bisa digunakan. Tweet Source anda pun akan sesuai dengan Nama Aplikasi yang anda daftarkan di Twitter
Tutorial Instalasi twitter client menggunakan Status Via
  1. Masuk kedalam website dev.statusvia.org/twitteradd.php
  2. Daftarkan twitter client anda
  3. Ikuti step yang mereka berikan
  4. Selamat. Twitter client anda sudah berhasil dibuat
Sebenarnya sampai sini saja sudah dapat dikatakan anda sudah memiliki twitter client milik anda sendiri yang bisa digunakan sesuai dengan keinginan anda sendiri. Namun statusnya masih bersifat Versi Desktop karena apabila anda ingin menggunakannya, maka anda harus mengakses situs yang sudah anda gunakan untuk menyimpan twitter client tersebut.

Dan tujuan saya membuat artikel ini sebenarnya adalah: Agar twitter client anda bisa digunakan didalam Smartphone Android anda dengan bantuan sebuah aplikasi bernama Tweetings yang dibuat oleh RBD Solution Limited.

Jadi, twitter client anda fiturnya akan sama dengan fitur yang dimiliki oleh aplikasi Tweetings itu sendiri. Woh, fiturnya sama dengan aplikasi Premium. Keren gak tuh

Iya...Saya tau anda sudah memaki-maki saya karena ngomongnya panjang lebar banget. Maap ini udah kebiasaan jadi, langsung aja deh ya masuk ke Tutorial-nya untuk mempersingkat waktu.
  1. Download aplikasi Tweetings di Playstore | Approb
  2. Instal aplikasi Tweetings didalam Device Android anda
  3. Setelah selesai di Instal, silahkan masuk kedalam Option
  4. Masuk kedalam menu Network & Streaming. Kemudian isikan Consumer Key dan Consumer Secret dengan yang sudah anda miliki
  5. Klik Sign In. Anda pasti akan mendapatkan pesan Error dalam hal Authentication Creditial Error
    Silahkan selesaikan masalah ini dengan masuk kedama dev.twitter.com → Pilih aplikasi yang ingin anda gunakan didalam Tweetings → Setting → Isikan kolom Callback URL dengan alamat website yang sudah anda Instal Dabr (Semisal azfa48.com) atau alamat website yang diberikan oleh Status Via (Semisal http://twitter.statusvia.net/apps/?idunik=idnya)
  6. Silahkan mencoba kembali untuk login
  7. Selamat. Anda sudah memiliki twitter client sendiri dengan bantuan dari aplikasi Tweetings

Yak, tweet anda sudah memiliki Twitter Source sesuai dengan aplikasi yang anda daftarkan didalam Twitter. Selamat mencoba


1. Jika anda ingin menanyakan sesuatu silahkan isikan di kotak komentar atau mention saya di twitter biar dibalas lebih cepat. Dengan syarat pertanyaannya yang jelas dan spesifik.
2. Kalau ada link download yang mati, laporin aja di kotak komentar atau mention juga ke twitter. Maklum file yang ada di Blog ini kebanyakan file Illegal.
3. Makasih udah mau berkunjung. Jangan lupa baca Info Box untuk mendapat berita terbaru tentang Blog ini B-)

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Anime Terbaru

Info Box

Pengen pake JellyBean di Ace 2-nya tapi gak mau ngerasa Lag atau Boros Batre? Silahkan gunakan CM10
Untuk prepare menghadapi 'Gencaran BBM' yang akan terjadi pada Android, silahkan download User Guide tentang cara menggunakan BBM for Android disini, gratis
Jika anda menyukai konten di Blog ini dan ingin sedikit membantu mengembangkannya, silahkan melakukan Donasi dengan melakukan Buffering sebuah Video yang Size-nya hanya 1 MB. Jika anda melakukan Donasi, maka konten di Blog ini akan semakin beragam. Terimakasih.

Diberdayakan oleh Blogger.